Kamis, 11 Juni 2015

Yupss...Ternyata Dijepang Ada Mie Mirip Lidi


Terlepas dari bentuk dan aneka ragam rasa tentu semua orang doyan memakan mie, mulai dari anak-anak hingga orang tua mie sudah menjadi  makanan pengganti nasi yang juga mengenyangkan .tidak hanya susi (makanan ikan mentah) yang membuat jepang terkenal  dengan kulinernya namun masih banyak lagi masakan/kuliner lainnya , salah satunya yakni mie yang mirip dengan lidi atau orang jepang menyebutnya dengan nama shoumen.

Shoumen sendiri adalah mie tradisional ala negeri sakura jepang yang berbentuk persis seperti lidi, lurus dengan panjang bervariasi 10-20 cm dan agak keras jika belum diolah. mengingat orang jepang doyan memakan makanan dari bahan mie, sehingga shoumen pun banyak dijumpai di banyak toko/supermarket yang ada di jepang, harganya nyapun tidak semahal yang dibayangkan  yakni berkisaran 100 yen atau 10.000 rupiah dengan 6 ikat shoumen.

meskipun berbentuk mirip seperti lidi namun shoumen setelah direbus memiliki tekstur yang lunak dan lembut sehingga gampang dimakan. pada musim panas tak jarang warga jepang mengolah  mie  yang berbentuk mirip  lidi ini menjadi hiyashoumen (shoumen dingin).

Memiliki bentuk yang mirip lidi namun cara penyajiannya sangatlah mudah, cukup dengan merebus diair mendidih selama 2-4 menit kemudian airnya ditiriskan dan didinginkan dengan es, selanjutnya di makan bersama shoyuu (kecap asin jepang).


Nah...menjadi oleh oleh tentu cocok bagi anda yang berwisata ke negeri sakura jepang, dan musim panas seperti saat ini  bagi anda yang tinggal dijepang silahkan mencoba menu hiyashoumen (shoumen dingin).