Minggu, 21 Juni 2015

Bersilaturrahmi, Cara Warga Muslim Dijepang Menyambut Ramadhan


Jangankan suara adzan,suara pengajian pun sangat sulit didengar jika tidak langsung ketempat ibadah yakni masjid, begitulah jika  harus Menjalani aktivitas sehari-hari entah buat bekerja, belajar,ataupun yang lainnya di negara yang dengan mayoritas non muslim seperti jepang.

Khususnya menjelang pelaksanaan ibadah puasa ramadhan bagi seluruh umat muslim didunia tentu memilki cara tersendiri dalam menyambut datangnya  bulan suci Ramadhan yang penuh barokah ini sehingga nuansa ramadhan akan lebih terasa dan tentunya berharap lebih barokah.

Namun Lantas bagaimana dengan warga muslim yang tinggal di negara dengan mayoritas non muslim seperti jepang? Merasakan nuansa datangnya bulan yang penuh barokah yakni bulan suci Ramadhan tentu seperti  tidak ada yang berbeda dengan hari-hari biasanya .

Tapi  bagi warga muslim dijepang bersilaturrahmi antar sesama muslim lainnya adalah cara yang dilakukan untuk membuat nuansa ramadhan lebih terasa dan barokah tentunya, tidak hany a bagi muslim jepang sendiri atau muslim pendatang dari negara-negara lainnya yang tinggal dijepang, bagi muslim Indonesia pun  melakukan hal yang sama yakni bersilaturrahmi antar sesama muslim lainnya. Sehingga dengan begitu nuansa Ramadhan tentu lebih berasa sekaligus menjadi ajang memperkuat hubungan sesama muslim yang di tinggal dinegeri sakura jepang.

Hal demikian pula yang dilakukan oleh pasangan suami istri erland dan elish yang tinggal dan bekerja di jepang, pasangan ini mengadakan  acara pengajian sekaligus silaturrahmi bersama kerabat  muslim lainnya guna menyambut bulan suci ramadhan.

Meskipun bersilaturrahmi tidak hanya dilakukan pada saat tertentu saja, namun keberadaan muslim sebagai minoritas di negara yang dengan mayoritas non muslim tentu menjadi hal yang penting dan istimewa,sehingga nuansa islami tetap terjaga.




0 komentar :