Minggu, 06 Juli 2014

Mengintip TaUe’ “Ritual Menanam Padi di Negara Jepang


Jepang Begitu populer  dengan sebutan Negara ber teknologi canggih,  namun ternyata dibalik kecanggihan teknologi yang dimiliki  terdapat ritual tradisional yang sangat  menarik yang masih terselenggarakan dinegara ini, yakni ritual menanam padi.
Menurut salah seorang warga jepang kubouchi yuuki  yang menceritakan  bahwa ritual menanam padi sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Ritual ini dinamakan dengan TaUe’ (menanam padi).) ungkapnya 06/18/14.
Maksud dari ritual ini sendiri adalah berdoa kepada dewa agar padi yang mereka tananam diberi berkah dan tumbuh dengan subur. Ia menambahkan Pada zaman dulu  ritual semacam ini dilakukan oleh agama budha. Namun karena warga jepang bisa menganut hingga 5 keyakinan , agama shintopun juga ikut melaksanakan ritual smacam ini. Kemudian dalam ritual ini berdoa kepada dewa akan dilakukan oleh seorang perempuan atau disebut dengan “miko”  dan  yang memimpin berlangsungnya ritual Taue’  dinamakan dengan  guji ”. tambahnya 06/18/14.

Ritual menanam padi  (taue’)  dilakukan kurang lebih sekitar 2-3 jam dan pada saat pelaksanaan ritual berlangsung  terdapat tarian yang dinamakan dengan Tamai. Tamai sendiri adalah tarian yang dilakukan saat ritual menanam padi.
Proses penanaman padi dalam ritual ini  dilakukan dengan sangat tradisional yakni  menggunakan sapi untuk membajak sawah dan menggunakan tangan saat  menanam padi.

Dibeberapa tempat dijepang ritual menanam padi (Taue’) sudah menjadi sebuah event/festival untuk mendatangkan wisatawan, namun lagi-lagi  menurut kubouchi yuuki  mengatakan,  orang jepang itu sangat suka datang  melihat berbagai macam event/festival . sehingga pada musim panas tak jarang dijepang sangat banyak event/ festival yang diadakan diberbagai tempat.