Selasa, 29 Juli 2014

Suasana Salat Idul Fitri Dinegeri Tirai Bambu Osaka Jepang


Hampir umat muslim diseluruh dunia mengumandangkan takbir kemenangan idul fitri 1 syawal 1435 H, tidak bisa melaksanakan salat id dinegeri sendiri dinegari orang lainpun jadi.  Dan sudah menjadi kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh KJRI osaka jepang bersama warga muslim indonesia yang tinggal diwilayah osaka dan sekitarnya, untuk melaksanakan salat idul fitri secara berjamaah.
Tahun ini pelaksanaan salat id bagi masyarakat muslim indonesia yang tinggal diwilayah osaka dan sekitarnya dilaksanakan di sakai city industrial promotion center osaka jepang, Karena pihak KJRI mengundang kepada seluruh masyarakat muslim indonesia yang tinggal diwilayah osaka dan sekitarnya untuk melaksanakan salat id secara berjamaah, ratusan masyarakat muslim indonesia memadati gedung  promotion center ini. Pelaksanaan salat id sendiri berlangsung mulai dari pukul 09.00 hingga  pukul 12.00 waktu jepang.

Khotib yang sekaligus imam pada saat pelaksanaan salat id adalah ustaz Syamsul Bahri,Lc.Msi. melalui khutbahnya mengingatkan kepada jamaah bahwa keberadaan kita sebagai  musafir dinegeri orang harus bisa seperti lebah yang selalu hinggap ditempat yang baik/bersih, dan jika menyerappun maka yang dihisap adalah hal yang baik pula. dan jangnlah kita seperti lalat yang selalu hinggap dan menyerap hal yang jelek/buruk,karena lebah selalu memberikan manfaat atu kebaikan. seperti itulah perumpamaan yang disamapaikan ustaz melalui khutbahnya kepada masyarakat indonesia yang sedang bermusafir dinegeri ini.
Namun diawal khutbah ustaz menympaikan kepada seluruh jamaah bahwa kita harus bersyukur  karena tahun ini dinegara kita indonesia tidak ada perbedaan hari pelaksanaan salat id seperti tahun sebelumnya, kita semua sujud dan merayakan kemenangan dihari yang sama, dan mudah-mudahan momentum  ini akan menjadi syarat/tanda bagi negara dan masyarakat  indonesia untuk tetap terus bersatu.

Sebelum salat id ditutup dengan acara salam-salaman antar seluruh jamaah, beberapa pengumuman  disampaikan seperti tentang laporan yang berkenaan tentang zakat fitrah dan zakat mal dari keluarga besar muslim indonesia (KMII) osaka. Dan diharapkan dengan momen idul fitri seperti sekarang ini persatuan dan silaturrahmi antar warga muslim yang ada diwilayah jepang khususnya osaka bisa terjalin dengan baik.