Selasa, 26 Januari 2016

Wow. . .Lansia Di Jepang Gemar Mendaki Gunung


Mendengar kata mendaki gunung tentu  bagi sebagian kalangan merupakan olahraga yang terbilang cukup extreme dan pastinya melelahkan serta membutuhkan banyak waktu dan tenaga dalam melakukannya, mengingat aktivas mendaki gunung hanya bisa dilakukan dengan keluar rumah dan mendatangi gunung-gunung yang akan didaki, hal ini pula yang membuat sebagian kalangan enggan melakukan aktivitas olahraga mendaki gunung, belum lagi soal biaya yang juga bisa dikatakan cukup meroceh kocek tambah berfikir puluhan  kali untuk melakukan  olahraga mendaki gunung.

Namun tentu beda cerita bagi sebagian kalangan yang memang memiliki hobi mendaki ataupun bagi sebagian kalangan yang memiliki alasan tersendiri dengan tujuan tertentu seperti untuk tujuan kesehatan.

Mendaki gunung juga sangat lekat dengan aktivitas olahraga yang banyak digandrungi serta diminati  oleh kaum muda tentunya, tapi jika olahraga mendaki gunung banyak diminati oleh orang tua yang  sudah kepala tiga atau lansia hal inilah yang terjadi dijepang. Tentu tidak hanya sekedar untuk tujuan  hobi semata namun aktivitas pendakian yang dilakukan tentu memiliki tujuan salah satunya untuk kesehatan.

Seperti  penuturan dari  salah seorang pendaki warga jepang uemura yang bergabung bersama club pendakiannya yang berjumlah sekitar 20 orang, mendaki yang dilakukan saat ini bukan hanya untuk tujuan hobi namun lebih untuk kesehatan dan melatih kekebalan tubuh, karena mendaki berjalan kaki yang panjang adalah olahraga yang mengasyikkan, kita dapat hirup udara segar dari alam, serta bisa melihat keindahan dari puncak gunung ungkapnya, kemudian diclub mendaki kami ini hanya diisi oleh orang tua,tidak ada yang muda, kami berusia diatas 65 tahun keatas  Cuma satu orang yang berumur 60 tahun tambahnya.

Tentu penuturan dari warga benar adanya saat saya mencoba melihat aktivitas dari orang –orang yang mendaki gunung yang memang  kebanyakan dilakukan oleh orang tua, yang tentunya berbanding terbalik dengan aktivitas kaum muda mudi yang memenuhi pusat perbelanjaan dikota.

Dijepang sendiri selain gunung fuji ada banyak gunung –gunung kecil lainnya yang memiliki ketinggian sekitar 600-1500 meter dari permukaan laut sehingga aktivitas pendakian yang dilakukan oleh orang tua hanya di bagian gunung –gunung yang tidak terlalu tinggi tentunya. mengingat transportasi, keamanan, akses pendakian serta mendukungnya petunjuk,rute jalan dan  kemudahan lainnya  dalam melakukan pendakian tak sedikit dari warga jepang banyak yang menghabiskan akhir pekan hanya untuk sekedar  mendaki gunung dengan tujuan olahraga utk kesehatan dan tak terlepas dari orang lansia.

Selain itu pula jepang sendiri sejak tahun 2007 sudah menempati  persentase jumlah lansia mencapai 21,0% yang diistilahkan juga dengan choukoureishakai  atau jumlah lansia yang sangat banyak,  dan pada tahun 2014 sudah mencapai 26,0%, sehingga melihat lansia sudah menjadi pemandangan yang biasa ditengah kesibukan aktivitas  kota dan kegiatan lainnya seperti salah satunya mendaki gunung, yang pastinya semangat mereka dalam melakukan aktivitas  kegiatan untuk tujuan kesehatan akan bisa menjadi contoh baik bagi anda yang ingin mendapatkan tubuh sehat tanpa memandang usia.

Bukankah mencegah jauh lebih baik dari pada mengobati ?
Menjaga serta mempertahankan kesehatan bagian dari pencegahan bukan?

0 komentar :